Rabu, 04 Desember 2013

SEKEHE GONG

                                                             SEKEHE GONG

FORMASI SEKA GONG BALE GANJUR

“YOWANA GITA SARI” 


Kendang              :        Gede Anjas Permana

Kadek Angga Hendraningrat

Ponggang            :        I Wayan Juliawan/Buyung
I Nengah Sukalana/Bojok

Reyong                :        I Made Sadri
Teja

Tawa-Tawa           :     I Gene Karna Suryatmaja

Gong                    :        I Putu Martarihana

Kempur               :        I Nengah Suarta/Kenyat

Bende                   :        I Ketut Adi Kasmawan

Cengceng             :        I Komang Sumardana
I Wayan Tanggu
I Wayan Sudarya/Pak Ida
I Kadek Dwi Saputra
I Gede Indra Djumena
I Kade Bayu Bramastra
Andi Ananta
I Putu Agus Suryana
I Komang Kariasa/Bocel
I Wayan Ekasantosa/Kancil
Tampi

Pelatih                 :        I Nyoman Suanta/Brewok
 


Seke Gong Bale Ganjur Banjar Batur Sari
Ketika Ngaturang Ayah Ring Pura Pengrebongan


Yang Tua-Tua
Ngayah Sebagai Tukang Tegen Gong.


Foto-Foto
Ketika Ngayah Dirumahnya Bapak Ketut Tanggu.
 




Pada tahun keempat, ada keinginan pengurus untuk merubah tegak odalan dari purnama kedasa yang datang setiap tahun, ke tumpek bubuh/tumpek pengatag yang datang setiap 6 bulan sekali.  Alasannya agar balai banjarnya lebih sering ramai.  Disamping itu sebagian besar balai banjar yang ada di Denpasar, odalannya mengambil tumpek bubuh ini. 

Alasan lain karena ingin mencari tegak odalan pada hari sabtu, dengan harapan banyak pagawai libur saat odalan. Maka itu, pada tahun keempat, tegak odalan ini dipindahkan harinya dari purnama kedasa ke tumpek bubuh atau pada setiap hari sabtu/saniscara wariga. Pemindahan odalan ini tanpa melalui proses apapun.  Artinya tidak melalui proses atur piuning atau proses yang lain, pokoknya dipindahkan begitu saja.

Dari pengamatan penulis, setiap pelaksanaan odalan yang mulai dilaksanakan pada setiap tumpek pengatag ini, nampaknya selalu ada saja gangguan-gangguan kecil.  Misalnya seke gong yang tidak bisa megambel.  Kelian banjar tidak bisa menghadiri odalan karena mendadak ada keperluan lain, bahkan beberapa pengurus banjar ada yang tertimpa musibah setiap odalan.  Maka itu, setelah 6 kali odalan, pengurus banjar berinisiatip untuk introspeksi.  Artinya akan mengkonsultasikan tegak odalan ini kepada Ida Sulinggih/Wiku yang tahu tentang ini.  Akhirnya pengurus banjar menjatuhkan pilihan pada Ida Pedanda dari Gria Takmung Klungkung untuk berkonsultasi. 

Beliau mengatakan, odalan itu artinya otonan atau hari lahir.  Odalan suatu pura sama halnya dengan otonan pada manusia.  Artinya hari lahir suatu pura adalah pada saat karya ngenteg linggih atau mendem pedagingan.  Maka itu tidak mungkin hari lahir ini digeser ke hari yang lain, kecuali lahir kembali atau mekarya ngenteg linggih lagi. 

Beliau menambahkan, kalau toh akan digeser, hanya boleh yang nemu dina.  Misalnya seperti Banjar Batur Sari ini, yang odalan sebenarnya jatuh pada Purnama Kedasa, kalau mau digeser hanya boleh pada purnama yang lain. Misalnya purnama Kasa, Purnama Katiga, Purnama Kapat atau Purnama yang lain.



Setelah berkonsultasi dengan Ida Pedanda, Maka pengurus banjar Batur Sari, memutuskan untuk mengembalikan tegak odalan banjar ini, kembali ke purnama kedasa, sesuai dengan saran Ida Pedanda  ring Gria Takmung, tetapi harus didahului ngaturang Guru Piduka. 

Maka itu mulai tahun 2012 odalan di balai banjar Batur Sari kembali dilaksanakan pada Purnama Kedasa. Sedangkan proses pelaksanaan piodalannya tetap dilaksanakan seperti dahulu, misalnya dipuput oleh Sang Sulingghih atau Sang Dwi jati yang dibantu oleh Pemangku Banjar dan perangkat banjar.  Sedangkan bantennya merupakan urunan dari anggota banjar.  Untuk banten yang tidak bisa dibuat oleh anggota, seperti banten suci atau yang lainnya, biasanya dibelikan pada tukang banten.

Ida Ratu Pedanda Saking Gria Kemenuh
Takmung Klungkung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar